aku-tu hanyar bisa ba-ulah, jangan heran !

blog kampungan / wong ndeso

Minggu, 25 Maret 2012

tips pemula ingin memiliki / menjadi kolektor anthurium



HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Tanaman anthurium banyak jenis dan ragamnya. Demikian juga sosok atau ukurannya.Ada yang kecil ada yang besar. Sesuaikan ukuran jenis anthurium yang ingin dibeli dengan tempat yang dimiliki. Jangan sampai Anda membeli anthurium indukan setinggi satu meter dengan bentangan 1,5 meter, jika rumah Anda sempit.

Anthurium memiliki banyak nama, termasuk memiliki nama-nama yang populer. Jangan hanya membeli nama. Ingat, yang Anda beli adalah tanaman.
Jadi belilah hanya tanaman yang sehat, yang menurut hati nurani Anda bagus, apa pun jenis anthuriumnya.

Tanaman anthurium banyak menggunakan nama-nama lokal yang umumnya sekadar menunjukkan bentuk yang menyerupai sesuatu. Terus terang, hal seperti ini bisa sangat subjektif. Orang lain menyebut anthurium golok, mungkin saja Anda menyebut pedang atau tombak. Anda menyebut bentuknya sepertl ular kobra. tetapi orang lain mungkin menganggapnya berbentuk sepertiular sanca.

Anthurium termasuk tanaman yang membutuhkan waktu lama dalam pertumbuhannya. Jangan hanya karena murah Anda membeli bibit anthurium, apalagi yang masih dalam bentuk kecambah. Perlu waktu lama dan kesabaran
untuk merawatnya. Anda harus menimbang kemampuan tersebut. Jika anda mantap, dan memiliki uang, beli saja tanaman dewasa. Tanaman dewasa umumnya sudah enak dilihat, tumbuh kompak, subur, kuat dan bisa langsung dipajang (atau bahkan bisa langsung dijual lagi. jika ada untung).

Anthurium punya banyak ragam. Beli hanya di nurseri langganan yang terpercaya, sebagai jaminan untuk mendapat tanaman yang bagus. Di tempat itu jika Anda memburu anthurium jenis tertentu. tidak akan tertipu. Minimal Anda bisa komplain jika salah.

Malu bertanya sesat di jalan. Jangan malu bertanya tentang segala sesuatunya, seperti cara perawatan atau cara pemupukan. Nurseri terpercaya adalah yang bisa dan siap menjawab setiap pertanyaan Anda.

KRITERIA ANTHURIUM LAYAK BELI

Bagi pemula yang ingin memiliki anthurium. berikut ada beberapa pedoman yang bisa Anda pegang.

Karena anthurium termasuk tanaman hias berdaun indah. maka kondisi daun harus benar-benar prima. Cirinya, daun berwarna cerah. segar, bersih mulus. dan tidak ada cacat. Jika ada yang mencurigakan pada daunnya, misalnya ada yang sobek atau ada noda tertentu, jangan ragu menanyakan penyebab sekaligus solusinya pada penjualnya. Jika itu dianggap persoalan serius, jangan dibeli.

Tanaman harus subur. Kesuburan tanaman mudah dilihat dari kesegaran daun-daunnya. dan adanya tunas baru atau calon tunas muda.

Anthurium yang memiliki manggar atau seludang berisi biji, memiliki nilai ekonomis. Pasalnya, biji tersebut bisa disemai.

Jika bisa, tanaman tersebut juga memiliki batang akar (bonggol) yang memadai di bawah media. Caranya. dengan mengorek hati-hati media tanam di sekitar tajuk. Bisa juga langsung menanyakannya kepada penjual. Semata agar Anda kelak bisa memperbanyaknya.

Tanaman anthurium adalah tanaman yang unik. Pilih anthurium yang menyerupai bentuk sesuatu yang langka. Ini juga menyangkut warna atau tekstur daunnya. Jika Anda anggap unik, tanaman tersebut boleh Anda pertimbangkan untuk dimiliki.

Daun harus banyak atau rimbun, kompak. rapat, dan simetris.Tanaman seperti ini disebut sudah jadi. Biasanya merupakan tanaman indukan yang harganya mahal. Namun, melihat anthurium seperti itu, hati kita selalu dibuat berbungabunga saat menatapnya.


Sumber:
Buku Pesona Anthurium Daun
Kurniawan Junaedhie
Agromedia Pustaka, 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar